Ratusan Personil Gabungan Amankan Kedatangan Jemaah Haji Asal Kolut

Tribratanewspolreskolut.com – Suasana haru, warnai penyembutan 148 dari 150 Jamaah Haji (JH) asal Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tengggra, pada kloter 21 dan 22.

Isak tangis para jamaah haji tidak terbendung saat bertemu keluarga yang menjemput mereka di Pelabuhan Tobaku, Desa Tobaku, Kecamatan Katoi, Kolut Rabu (27/09) Sore kemarin.

Tidak heran, sejumlah aparat keamanan yang berjaga di lokasi penjemputan JH kesulitan untuk menghalau keluarga dan kerabat jamaah haji yang langsung masuk ke lokasi sambil memeluk Jamaah haji.

Ditempat yang terpisa di konfirmasi oleh Tribratanewspolreskolut.com. Wakapolres Kolaka Utara Robert Silas Boroh, S.Sos melalui Kabag Ops AKP Muh Alwi, S.Ag selaku pengendali Pengamanan di lapangan menjelaskan bahwa Polres Kolaka Utara Menurunkan kekuatan penuh personil gabungan untuk melakukan  pengaman yang diterjunkan kelokasi penjemputan Jamaah Haji antaranya dari Personil Polres 50 anggota, TNI mengirimkan 10 personil, Pol PP sebanyak 38 pasukan dan Perhubungan menerjunkan 21 orang ,dan Petugas kesehatan 8 orang.

Kepulangan Jamaah Haji disambut Pemerintah Kolut dan mengadakan silahturahmi digedung Kantor Dinas Perhubungan. turut hadir Asisten III, Ashar, SH. Ma, Asisten I, H.Zainuddin, B.SE, Kajari Andi Fahruddin, Waka Polres Kolut, Kompol Rober Silas Boroh, S.Sos, Anggota DPRD dan OPD.

Salah satu jamaah haji, asal Desa Puurau, Kecamatan Ngapa, H. Sukardi Kadir, mengucapkan syukur atas tibah dengan selamat di Kolut.

“Allahamdulilah senang sekali bisa berjumpa kembali dengan sanak saudara. Rindu rasanya dengan keluarga dan kerabat setelah menunaikan Haji selama sebulan penuh,” katanya.

Kata dia, Mulai dari pemberangkatan hingga tiba di Kolut seluruh JH tidak ada kendala apapun. Meskipun saat di kota Mekka cuaca mencapai panas hingga 50 derajat. Allahamdulilah juga Jamaah haji tidak ada yang sakit parah disana paling hanya flu bisa saja.

‘’Untuk itu saya hanya berpesan pada Calon Jamaah Haji nantui, untuk tidak terlalu banyak membawa pakaian, karena saat pulang dan membeli oleh-oleh ada tempat didalam koper,” terangnya.

Kami Jamaah Haji berterimakasih kepada Pemda Kolut dan Kemenag yang mengurus pemberangkatan dan kedatangan kami dengan baik tidak seperti Jamaah Haji diKabupaten Lainnya diIndonesia. ungkap H. Sukardi
Kepala Kemenag Kolut Drs.H. Baharuddin mengatakan Jumlah Jamaah Haji yang berangkat 150 Orang yang tergabung dikloter 21 dan 22, sementara 2 orang jamaah haji tidak bersamaan pulang hari ini, mereka jamaah haji tambahan yang tergabung dikloter 23.

“Hari ini 2 jamaah haji asal kolut sudah tiba di Makassar dan rencananya besok Kamis (28/09) sudah tiba dikolut dengan menumpang kapal Fery,” ungkapnya.

Related Posts