Sinergitas Polri dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Dinas BPBD Dalam Penanganan Karhutla

Tribratanewspolreskolut.com – Sinergitas Polri dengan Dinas Pemadam Kebakaran serta BPBD di Kabupaten Kolaka Utara memang perlu di kedepankan dalam upaya pencegahan maupun penanganan Karhutla. Masyarakat yang ada di Kabupaten Kolaka Utara pada umumnya sistem ladang berpindah- pindah kerap dilakukan di saat musim berladang dan masyarakat secara bersamaan membuka lahan dengan ukuran luas yang tidak di tentukan sehingga pada saat membersihkan lahan dengan cara membakar maka dapat berdampak dengan lingkungan yang lain.

Dalam pelaksanaan pelatian simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan, maka Polres Kolaka Utara membentuk Posko Karhutla dengan melibatkan beberapa instansi yang di antaranya adalah instansi Polri khususnya Personil Polres Kolut, Jajaran Polsek dan instansi yang lain. Dan pada kesempatan apel bersama yang di laksanakan di halaman Mako Polres Kolaka Utara yang di pimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Kolaka Utara AKP Muh Alwi S.Ag dengan menghimbau agar Polri dan Dinas Pemadam Kebakaran serta Dinas BPBD Kabupaten Kolaka Utara untuk tetap jalin kerjasama yang baik dalam memberikan informasi maupun penanganan masalah Karhutla yang ada di Wilayah Hukum Polres Kolaka Utara, ucap Kabag Ops.

Dalam kegiatan simulasi penangan Karhutla di ikuti oleh ratusan personil gabungan antara lain personi Polri menerjunkan 65 orang, Dinas Damkar 31 orang, serta Dinas BPBD 24 orang, denga peralatan yang di gunakan 9 unit mobil dari damkar sebanyak 2 unit, mobil BPBD sebanyak 4 unit, serta mobil dari Polri sebanyak 3 unit. Kegiatan simulasi Karhutla di hadiri oleh Kapolres Kolaka Utara AKBP Bambang Satriawan,S.H., S.I.K., M.H, Kadis Damkar Drs. M. Syafar, M.M, PLH. Kadis PBD Liberti, SE.

Di tempat yang sama Kapolres Kolaka Utara AKBP Bambang Satriawan,S.H., S.I.K., M.H saat di konfirmasi oleh media Tribratanewspolreskolut.com menjelaskan, bahwa pelatian simulasi penanganan Karhutla kita dari pihak Polri mengandeng dari Dinas Damkar dan Dinas BPBD kabupaten Kolaka Utara, dan kapolres mengarahkan kepada seluruh Personil Polres Kolaka Utara dan Jajaran Polsek yang ada di Wilayah Hukum Polres Kolaka Utara untuk selalu bersinergi dengan instansi lain dalam penanganan Karhutla, Selasa (03/10/17)

Related Posts