Si Jago Merah Mengamuk, Hanguskan Satu Rumah Warga Ponggiha

      Tribratanewspolreskolut.com – Musibah kebakaran terjadi di Desa Ponggiha Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) pukul 06.30 wita, Minggu (15/10). Kebakaran tersebut bersumber dari bara api di dapur usai digunakan memasak oleh pemiliknya lalu ditinggal pergi.

Rumah yang berbahan kayu itu milik Hasang (39), pria yang berprofesi sebagai petani. Kronologis kejadian bermula disaat saudari Hasang yakni Sendeng memasak di dapur. Usai itu ia kemudian memadamkan bara api yang berbahan arang itu menggunakan air dan meninggalkan rumah.

Hasang sendiri pagi itu masih di rumah dan sedang baring dalam kamar. Ia pun keluar rumah dan terkejut melihat dapur rumahnya berkobar mengepulkan asap hitam. Kobaran semakin hebat saat tabung gas dan kompor di dapur ikut meledak. Personil pemadam kebakaran yang mengetahui hal itu langsung bergerak ke TKP.

Sayangnya, sejumlah barang berharga milik Hasang tidak sempat terselamatkan yang menjadikan seluruh isi rumah tersisah arang. Adapun kerugian korban sebagaimana pendataan Kanit bin Polmas, Aipda Hari Hermawan SH yang dijumpai di lokasi antara lain seuntai kalung emas 4,2 gram, dua anting masing-masing 2 dan 3 gram, sebuah TV 21 inci, seratus lembar sarung dan uang Rp. 3 juta.

Hasang juga kehilangan sebuah genset Yamaha 2,8 PK yang terbakar, senso mini merek Dalto serta masing-masing tiga BPKB dan  STNK. “Korban alami kerugian sekitar Rp. 100 juta,” pungkasnya.

Saat di temui media Tribratanewspolreskolut.com di TKP Kebakaran Kabag Ops Polres Kolut AKP Muh Alwi, S.Ag mengatakan Langkah-langkah yang dilakukan Polri, Kapolsek Lasusua  AKP Hasanuddin dan anggotanya serta SPK Polres mendatangi TKP dan membantu melak pemadaman bersama warga dan Dinas Damkar,Kasatreskrim AKP Salman SH, SIK bersama Anggota Sat Resjrim memasang Police Line guna menjaga status quo dan mengumpulkan bahan keterangan dari korban maupun saksi guna penyidikan lbh lanjut, lalu Kabagops berkoordinasi dengan DPBD Kab. Kolut melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Gunawan Arif, ST, M.Si dan pihak DPBD bersedia menyiapkan,Tenda, Logistik Paket Family Kit atau Paket Sandang, lanjut Kabagops  berkoordinasi dengan Pemda, dalam hal ini Kabid Humas dan Dinas Sosial untuk bantuan sosialnya, Kapolres Kolut mengecek dan melihat langsung kondisi TKP Kebakaran dan memberikan arahan kepada petugas di lapangan untuk proses selanjutnya, Kabagops meminta  kepada Kepala Desa Ponggiha Bapak Rahmat untuk menjaga dan menghimbau warga setempat tdk merusak kondisi TKP Kebakaran” Kabag Ops Akp Muh Alwi, S.Ag

Related Posts