Banyaknya Kendaraan Roda Dua Hasil Razia, Kasat Lantas Polres Kolut : Lengkapi Sebelum Diambil

Tribratanewspolreskolut.com – Puluhan sepeda motor hasil razia kelengkapan dan surat-surat menumpuk di halaman kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kolaka Utara (Kolut). Sebagian sepeda motor itu ditahan terkait perkara kecelakaan lalu lintas (Lakalantas). Polisi mewajibkan pemilik kendaraan untuk melengkapi sparepart pabrikan sebelum diambil.

Kasat Lantas Polres Kolut, AKP Gunanto, S.Sos menjelaskan pihaknya berlaku tegas kepada sejumlah pengendara atau pengemudi yang ditemui tidak melengkapi kelengkapan administrasi di jalan raya. Ada puluhan sepeda motor terparkir di halaman Satlantas. Selain itu, sejumlah sparepart bukan pabrikan atau modifikasi hasil razia semisal knalpot dibiarkan menumpuk. “Intinya lengkapi dulu sebelum keluar pagar halaman kantor saya. Saya kan bisa saja perintahkan langsung tilang lagi saat keluar bila tidak dilengkapi,” tegas AKP Gunanto, Rabu (18/10).

Terlepas dari minimnya kesadaran pengendara akan kelengkapan surat dan kendaraan, Satlantas Polres Kolut sangat prihatin maraknya anak di bawah umur yang mengendarai sepeda motor dan kerap berkeliaran di jalan raya. AKP Gunanto prihatin atas sikap orang tua yang membiarkan sang anak berkendara sendiri ketimbang menyisihkan waktu untuk antar jemput ke sekolah. “Selalu saja ada kecelakaan anak dibawah umur,” ujarnya.

Pekan lalu ada dua kasus anak di bawah umur yang terlibat lakalantas. Satu diantaranya harus meregang nyawa. Tentunya hal itu mengundang penyesalan mengingat rata-rata insiden tabrakan atau ditabrak jika bukan cacat fisik, pasti meninggal dunia. Pihaknya memberlakukan penindakan tegas bagi para remaja itu agar kendaraan disita berikut komitmen orang tua agar tidak mengulang. “Jadi jangan salahkan kami karena yang bisa menyesal anda (orang tua) sendiri jika hal yang tidak diinginkan terjadi,” ungkap AKP Gunanto. Dalam urusan tilang menilang AKP Gunanto mengutarakan anggotanya tidak akan segan melayangkan surat itu karena pembayarannya langsung dilakukan di bank.

Related Posts