Lantas Kolut Sita 76 Kendaraan dan Tilang 406 Pelanggar

Tribratanewspolreskolut.com – Operasi zebra yang berlangsung sejak 1 – 14 November kali ini jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kolut tegas menerapkan sansi pelanggaran. Institusi tersebut setidaknya telah melayangkan 406 surat tilang sepanjang operasi.

Kasat Lantas Polres Kolut, AKP Gunanto S.Sos, Rabu (15/11) merincikan hasil operasi anggotanya di lapangan. Dari 406 yang ditilang pihak lantas menyita 143 Surat Izin Mengendara/Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebanyak 174. “Ada tiga kasus lakalantas yang satu orang diantaranya meninggal dunia dan dua kendaraannya disita,” ucap Gunanto.

Lanjut dia, dari berbagai pelanggaran yang terjaring di jalan raya saat operasi setidaknya pihaknya menyita 76 unit kendaraan roda dua dan 13 unit roda empat (mobil). Dalam penindakan tersebut yang tidak ada upaya toleransi mengingat sebelumnya telah melakukan penyuluhan di 30 titik dan 57 di lokasi rawan pelanggaran dan lakalantas.

“Spanduk telah disebar di 14 titik yang diikuti pemasangan stiker. Meski demikian masih banyak pengendara yang menyepelekannya, ya kita tilang,” tegasnya.

Untuk di kalangan pelajar, bersama satuannya telah melakukan giat di 14 sekolah yang bersinggungan dengan sosialisasi keamanan dalam berlalu lintas. Hal itu pun juga dilakukan melalui pramuka saka bhayangkara selama empat kali kegiatan yang ditambah dengan safety riding dan driving sebanyak tiga kali. “Kami intenskan kampanye keselamatan berkendara sebanyak 124 kali,” bebernya.

Diluar dari itu, Sat Lantas Polres Kolut terlibat melakukan pengaturan lalu lintas di 87 titik, penjagaan 14 kali, pengawalan tiga dan patroli wilayah sebanyak 64 kali sepanjang operasi. Saat ini telah ramai pelanggar yang sedang berupaya menebus kesalahannya dengan cara melakukan pengurusan dan melengkapi kekurangan kendaraan yang ia gunakan saat terjaring operasi. “Meski operasi telah selesai bukan berarti penindakan bagi pelanggar tidak dilakukan lagi. Jadi lengkapi dan patuhi aturan berlalulintas,” pungkasnya.

Related Posts