124 Ditilang, 72 Kendaraan Disita

Tribratanewspolreskolut.com – Penegakan hukum di jalan raya Desember ini di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terus ditingkatkan menjelang pergantian tahun. Jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas (Sat Lantas) Polisi Resort (Polres) Kolut hingga hari ini telah melayangkan tilang sebanyak 124 pengendara dan pengemudi.

Kasat Lantas Polres Kolut, AKP Gunanto S.Sos kepada Kendari Pos, Rabu (27/12) mengungkapkan dari 124 lembar tilang itu   sebanyak 72 pengendara kendaraannya disita dan satu unit mobil juga diamankan. “Itu pelanggaran berat,” tegasnya.

Ia merinci jika kesadaran pengguna jalan akan keselamatannya masih banyak yang diabaikan dimana rata-rata terbanyak yakni tidak mengenakan helm sebanyak 52, kelengkapan roda dua 9 kasus dan surat-surat semisal STNK 40 kasus. Selain itu juga akibat tidak mentalakan lampu utama 22 perkara serta satu lainnya karena tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Anggotanya sambung dia terus melakukan monitor di jalan raya khususnya di ibukota kabupaten dalam menegakkan hukum. Pasalnya, meski banyak pengendara maupun pengemudi yang terjerat di jalan banyak pula pelanggar lainnya yang tidak mematuhi itu. “Semisal helm, pengendara harusnya berpikir ketimbang harus di tilang lebih baik beli dan pakai helm karena harganya tidak seberapa. Sama seperti kelengkapan lainnya,” imbuhnya.

Desember ini di institusinya mencatat telah ada kejadian laka lantas sebanyak tujuh kasus. Satu meninggal di tempat dan seorang lainnya di puskesmas dimana motor vs mobil saling beradu.

Related Posts