Berikan Kuliah Umum di UNUSRA, Kapolres Kolaka Utara, Mahasiswa Pentingnya Menciptahkan Insan Akademis Yang Berkarekter dan Pancasilais

    Tribratanewspolreskolut.com – Kapolres Kolaka Utara AKBP Bambang satriawan, SH,SIK,MH, di damping oleh Kapolsek Lasusua IPDA Jamarin Rice, SH memberi kuliah umum di Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (UNUSRA). Kuliah umum bertemakan ‘Pentingnya Menciptahkan Insan Akademis Yang Berkarakter dan Pancasilais’ yang diberikan Kapolres Kolaka Utara, Selasa, (18/9/2018).

Oleh karena itu, guna mewujudkan semua itu, Kapolres Kolaka Utara dalam amanatnya mengimbau mahasiswa untuk bisa menjadi unggul, cerdas dan terpercaya. “Kalian adalah mahasiswa yang unggul, bisa bersaing dengan begitu banyak orang sehingga bisa lulus di UNUSRA ini,” katanya.

Dari itu, lanjutnya, untuk membentuk Insan Akademis yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong  royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan takut akan Tuhan”, imbau alumnus Akpol 1998 ini.

Kapolres Kolaka Utara berharap, Ketika pelajar sudah mencapai tingkat  “maha”, itu artinya pendidikan yang ditempuhnya sudah melebihi tingkatan pendidikan pelajar lain.

Menjadi mahasiswa berarti secara otomatis telah menandatangani kontrak kerja untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Mahasiswa adalah kelompok elit intelektual. Merekalah yang memiliki peranan besar untuk mengubah cara berpikir masyarakat Indonesia agar menghormati tradisi, budaya, dan situs-situs  bersejarah peninggalan nenek moyang.,” harapnya.

Pada bagian akhir, orang nomor satu di Polres Kolaka Utara ini menyampaikan penegasan bahwa Karakter adalah sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang menjadi ciri khas seseorang atau sekelompok orang serta nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Karakter dapat juga diartikan sama dengan akhlak dan budi pekerti,” tegas AKBP Bambang satriawan, SH,SIK,MH.

Sementara itu, Rektor UNUSRA, Prof.  Dr.  H.  Nasruddin Suyuti,  M. Si mengapresiasi Kapolres Kolaka Utara yang bersedia meluangkan waktu memberi kuliah umum kepada mahasiswa UNUSRA. “Terima kasih saya ucapakan kepada Kapolres Kolaka Utara dan jajarannya atas keluangan waktunya memberi kuliah umum,” ucap Prof.  Dr.  H.  Nasruddin Suyuti,  M. Si.

Selain itu, orang nomor satu di kampus UNUSRA ini berharap, kuliah umum ini dapat memberi manfaat bagi para mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, kegiatan berakhir dengan pemberian cinderamata, dari Rektor UNUSRA, Prof.  Dr.  H.  Nasruddin Suyuti,  M. Si kepada Kapolres Kolaka Utara, serta foto bersama.

Related Posts