Deklarasi Damai Jelang Pemilu 2019 Oleh Polsek Batuputih dan 3 Pilar

        Tribratanewspolreskolut.com – Menjelang tahapan pelaksanaan kampanye pemilu 2019, Polsek Batuputih Jajaran Polres Kolaka Utara bersama 3 pilar menggelar deklarasi kampanye damai yang diikuti perwakilan partai politik peserta pemilu 2019, tim sukses dan perangkat Penyelengara Pemilu se Kecamatan. Batuputih Kabupaten Kolaka Utara.

Acara deklarasi yang diadakan di Aula Kecamatan Batuputih , tersebut dihadiri sekira 100 orang, Selasa (16/10/2018).

Hadir dalam deklarasi pemilu damai tersebut antara lain :

Kapolres Kolaka Utara yang diwakili oleh Kabag Sumda KOMPOL SLAMET, Kapolsek Batuputih IPTU JAMIL, SH, MH,CAMAT BATUPUTIH ALMUHAJIR, SH,  Danramil Pakue yang di wakili oleh SERDA MUH. RIDWAN, Para Kepala Desa dan perangkatnya sekecamatan Batuputih, Para tokoh Masy, tokoh Agama dan tokoh pemuda sekecamatan Batuputih, Ketua PPK Kec Batuputih EBED KADARUSMAN W RAKA, SH dan anggota, Panwascam Kecamatan Batuputih dan Anggota, Pimpinan/pengurus PAC Partai Politik peserta Pemilu 2019.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek mengapresiasi kepada unsur 3 pilar Kecamatan. Batuputih bahwa dengan adanya forum komunikasi ini, bisa saling silaturahmi dan kerjasama.

“Berkaitan dengan menjelang Pilpres 2019 kami memohon kerjasamanya kepada masyarakat, tokoh, unsur Kecamatan dan TNI, agar situasi wilayah bisa kondusif”.

Kepada pengurus partai politik Kapolsek menyampaikan untuk kerja samanya, bisa saling memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah.

Tidak lupa Kapolsek juga mengajak masing-masing tim sukses dan para pendukung untuk melakukan kampanye, tanpa menyebarkan berita yang tidak benar alias hoax, tidak berpolitik SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) serta tidak melakukan politik uang.

Adapun Danramil yang di wakili oleh Bahbinsah Kecamatan Batuputih menyampaikan TNI mendukung sepenuhnya untuk pelaksanaan Pilpres Tahun 2019 dan kepada unsur 3 pilar di harapkan bekerja sama dengan TNI saling bersinergis.

Dalam kesempatan ini Kabag Sumda Kompol Slamet menyampaikan Pesan Kapolres Kolaka Utara AKBP Bambang Satriawan, SH,SIK,MH yaitu
a. POLRI BERKOMITMEN UNTUK MENGAMANKAN JALANNYA PEMILU 2019 YANG

AMAN, DAMAI DAN SEJUK.

2.DENGANHARAPAN AGAR TIDAK ADA GEJOLAK DALAM WILAYAH HUKUM POLRES

KOLAKA UTARA KHUSUSNYA DI WILAYAH HUKUM POLSEK BATUPUTIH.

3.KIRANYA PARA STAKHOLDER BERPERAN AKTIF MENGHIMBAU KEPADA SELURUH

MASYARAKAT AGAR TIDAK TERJADI PERPECAHAN WALAUPUN BERBEDA PILIHAN

DALAM PEMILU 2019.

 

Camat Batuputih Almuhajir SH dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan ini di selenggarakan adalah untuk silaturrahmi dan menciptakan situasi kondusif di wilayah Kecamatan Batuputih.adapun sambutan Camat batuputih antara lain

  1. Mengapresiasi Polsek Batuputih atas terselenggaranya Kegiatan Deklarasi ini guna menciptakan

situasi damai dalam menghadapi Pemilu 2019.

  1. Dalam pelaksanaan kampanye, parpol harus memberikan edukasi politik kepada masyarakat.
  2. Penyelenggaraan Pemilu 2019 tinggal 6 bulan kedepan, sehingga mari bersama-sama membangun

komitmen untuk menciptakan situasi yang damai.

Dan di lanjutkan dengan sambutan Ketua PPK Kec Batuputih Ebed Kadarusman W Raka SH yang berisi

  1. Ucapkan terima kasih kepada Kapolsek Batuputih dan jajarannya atas terselenggaranya kegiatan

Deklarasi damai ini.

  1. Pelaksanaan Deklarasi Damai tersebut merupakan mementum penting dalam menghadapi tahapan

dalam Pemilu 2019

2.Kegiatan PPK dan PPS saat ini  telah masuk tahapan DPTHP sampai tanggal 29 Oktober 2018.

Sehingga jika masih ada warga di desa /Kelurahan yang belum terdaftar dalam DPTHP silahkan

melapor ke Posko di Kantor Kelurahan/ desa masing-masing.

  1. Menghimbau kepada Parpol bahwa tempat pemasangan alat peraga kampanye telah ditentukan

dimasing-masing Kelurahan dan desa.

Sebelum penandatanganan Kesepakatan Damai tersebut, di lakukan pembacaan Point point isi kesepakatan yang isinya :

  1. Saling menghargai dan menghormati perbedaan partai atau pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019.
  2. Tidak memaksakan kehendak dalam menentukan pilihan dan menghindari konflik antar calon pemilih dengan upaya pencegahan.
  3. Senantiasa bersama sama antar seluruh komponen masyarakat untuk membangun dan menciptakan kondisi damai di masyarakat serta melakukan komunikasi dan kemitraan dengan calon pemilih meskipun berbeda pilihan.
  4. Dalam melaksanakan pemilu dan pilpres tahun 2019 petugas harus bersikap profesional, transparan dan tidak memihak partai atau pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu.
  5. Bersedia melaksanakan pemilu dan pilpres tahun 2019 dengan jujur dan adil sehingga tercipta suasana yang tertib, lancar, aman dan damai.

Setelah pembacaan deklarasi damai pemilu 2019 tersebut di lakukan penandatanganan prasasti oleh unsur 3 pilar, perwakilan parpol dan perangkat pelaksana pemilu 2019.

Kapolsek mengatakan tujuan digelarnya deklarasi damai agar pelaksanaan pemilu pileg dan pilpres 2019 nanti bisa berjalan sukses tanpa hoax, politisasi SARA dan politik uang.

“Jangan saling menjatuhkan, mari kita saling menjaga persaudaraan meskipun berbeda pilihan kita tetap menjaga persaudaraan,” ujar Kapolsek.

Related Posts