Polsek Pakue, Ungkap Kasus Curanmor

  Tribratanewspolreskolut.com – Personil Polisi Sektor (Polsek) Pakue berhasil mengungkap pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) milik Baharuddin warga Desa Lengkong Batu Kecamatan Pakue Utara 30 Oktober lalu. Pelakunya ternyata seorang anak berusia 16 tahun inisial RS yang masih sedesa dengan korban.

Kasubag Humas Polres Kolut, Ipda Yospin, Jum’at (9/11) menjelaskan jika pelaku dibekuk di kediamannya malam hari pukul 23.30 wita, Kamis (8/11) dipimpin Kapolsek Iptu Sainal Alimin, SE tanpa perlawanan di rumah keluarganya. Saat diintrogasi petugas, ia nekat membobol stop kontak motor Shogun DW 4870 AD biru hitam itu dengan alasan sekedar ditunggangi ke rumah keluarganya semata. “Motor itu dua hari setelah hilang baru diketahui. Belum dijual dan hanya disimpan di rumah keluarganya usai dipakai,” ucapnya.

RS berstatus anak putus sekolah. Usai diamankan di ruang tahanan Polsek Pakue untuk sementara waktu akan melalui proses deversi. Deversi itu merupakan pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana, sebagaimana dalam Pasal 1 angka 7 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (“UU SPPA”). “Akan dikembalikan ke orang tuanya untuk dibina,” ucapnya.

RS sendiri berdalih tidak ada niatan melakukan pencurian atau menjual kendaraan itu namun semata-mata sekedar dikendarai ke rumah keluarganya di Kecamatan Batu Putih dan dititip di situ. Untuk saat ini, RS sentara dibuatkan permintaan pendampingan kepada pihak Balai Permasyarakatan (Bapas) dan sosial yang konsen menangani anak dibawah umur terjerat tindakan kriminal. “Ini koreksi kepada para orang tua anak agar tidak terlibat pada hal-hal berbau hukum,” pungkasnya.

Related Posts