Stop Pungli ! Polres Kolaka Utara Bersama Pemda Gelar Sosialisasi Saber Pungli di Kecamatan

        Tribratanewspolreskolut.com – Guna meniadakan praktek pungutan liar (Pungli)  diwiliyah hukum Polres Kolaka Utara . Ketua Tim Saber Pungli yang juga menjabat  Wakapolres Kolaka Utara  Kompol Robert Silas Boroh, S.Sos , menggelar kegiatan yang bertemakan Sosialisasi Saber Pungli, Kepada para Kepala Sekolah, Kepala Desa/Kelurahan dan Staf Kecamatan .

Pada pernyataannya  Wakapolres Kolaka Utara Kota, Kompol Robert Silas Boroh, S.Sos, Menegaskan Bahaya  pungli yang telah merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat.

“Peran aktif masyarakat  untuk tidak menjadikan  pungli sebagai  budaya  dan laporkan segera apabila ada oknum yang melakukan pungli  , Karena pungli yang biasa ditemui dalam keseharian merupakan pelanggaran hukum,Dengan demikian, masyarakat diminta untuk tidak menjadikannya sebagai budaya dan muncul kemauan untuk melaporkan oknum yang melakukan,” Tegas Kompol Robert Silas Boroh, S.Sos. Kamis,(22/11/2018).

Mengacu pada  perundang – undangan , Kompol Robert Silas Boroh, S.Sos menerangkan Undang-Undang No. 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap Pasal 3 dan KUHP Pasal 368 tentang Pemerasan, serta Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) yang menyebutkan, Tim Saber Pungli merupakan salah satu bagian kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum sebagai bentuk upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, jujur dan adil guna mewujudkan penegakan hukum dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang bersih dan bebas dari pungli

“Secara hukum, pungli merupakan tindakan ilegal yang merugikan perorangan maupun masyarakat, yang dampaknya menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah, Rusaknya tatanan masyarakat, serta  menghambat pembangunan,” terangnya.

Bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara , Sosialisasi Saber Pungli dihadiri wakil Bupati Kolaka Utara H. Kapolres Kolut Abbas, SE  Akbp Susilo Setiawan, S.I.K,  Kepala Inspektorat Kab. Kolaka Utara Drs. Alimus Marsuki, MM, Wakapolres Kolaka Utara Kompol Robert Silas Boroh, S.Sos   bersama Kabag Ops AKP Irwan Tahir, SE,M.Si, Kasat Intel IPTU Muh. Saleh, SM, Kasat Sabhara AKP Muzaddin serta jajaran Polres Kolaka Utara, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Kab.Kolut Musrin AG, S.H, Pabung Kolaka Utara di wakili oleh Sertu Amrun, Camat, Sekcam dan Bendahara dari Kecamatan Ranteangin, Lambai dan Wawo, Kepala Puskesmas, Bendahara Penerima dan Bendahara Pengeluaran Kec. Ranteangin, Lambai dan Wawo, KUA Ranteangin, Lambai dan Wawo, Kepala desa, Sekdes, Bendahara dan aparat desa dari Kec. Ranteangin, Lambai dan Wawo,Para Kepala Sekolah, Bendahara sekolah dan Guru sekolah dari Kec. Ranteangin, Lambai dan Wawo,serta Para undangan.

Selama kegiatan berlangsung situasi aman kondusif.

Related Posts