Kapolres dan Bupati Kolaka Utara Datangi TKP Kebakaran Hutan

  Tribratanewspolreskolut.com – Jago merah menghanguskan lima hektare (Ha) kawasan hutan di Jalan Trans Sulawesi Desa Puncak Monapa Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) pukul 16.00 Wita, Selasa (29/1). Aparat kepolisian harus mengusut pelaku dibalik musibah itu karena diduga sengaja dibakar.

Kobaran api tersebut pertama kali diketahui seorang pengguna jalan bernama Jibril yang sedang melintas. Kobaran lekas meluas dikarenakan saat api itu muncul disertai angin kencang. Titik lokasi kebakaran tersebut merupakan areal yang sedang gencar gencarnya dibuka warga untuk membuka lahan pertanian.

Kasubag Humas Polres Kolut, Ipda Yospin Ngii menjelaskan jika setelah peristiwa itu sampai ke telinga pimpinannya, Kapolres AKBP Susilo Setiawan langsung meluncur ke lokasi. Begitu juga kepala daerah, Bupati Kolut Nur Rahman Umar sudah berada di lokasi kejadian. “Bupati dan Kapolres tiba di lokasi pukul 17.15 Wita,” ujarnya.

Dua unit damkar yang mencoba menaklukkan kobaran api tersebut sudah tiba di lokasi 30 menit pasca Jibril melaporkan kebakaran hutan tersebut. Selain anggota polri, personil TNI juga hadir membantu petugas damkar memadamkan api. “Api berhasil dikuasai (dipadamkan) pukul 18.00 wita. Penyebabnya belum diketahui namun diduga ulah oknum yang hendak membuka lahan. Masih diselidiki lebih lanjut,” bebernya.

Dugaan tersebut dikemukakan Yospin karena peristiwa kebakaran di tempat tersebut kerap berulang dengan modus serupa. Betapa tidak lahan terdampak kebakaran tersebut di sekitarnya sudah beralih fungsi menjadi lahan kebun merica. Dalam hal ini, Posda Kolut terus memonitor perkembangan dan berkoordinasi dengan Apkam setempat guna menindaklanjuti kejadian ini.

Related Posts