Personel Polsek Batuputih, Datang di Lokasi Banjir Yang Merendam 3 Dusun

    Tribratanewspolreskolut.com – Hujan yang mengguyur Desa Tetebawo Kecamatan Batu Putih Kabupaten Kolaka Utara  menyebabkan fasilitas publik, rumah warga dan persawahan tergenang banjir. Hal perlu mendapat perhatian pemerintah karena menjadi langganan genangan setiap tahunnya.

Genangan yang merendam pemukiman tersebut berlangsung pukul 02.00 wita dini hari setelah sungai yang membela desa itu tidak mampu menampung air kiriman dari Desa Mosiku dan Parunglampe. Dari informasi yang dirangkum Tribratanewspolreskolut.com , selain sekolah TK, kantor desa, rumah warga dan masjid, luapan sungai merendam lahan perkebunan dan persawahan setempat.

Pihak sekolah setempat meliburkan anak didik mereka karena ketinggian mencapai 20 cm dari permukaan lantai bangunan. Buku-buku belajar mereka mengambang di permukaan air hingga terpaksa dijemur untuk dikeringkan. Tidak hanya itu, beberapa titik di jalan Trans Sulawesi setempat tertutupi longsoran tanah.

Kades Tetebawo, Sarman yang dikonfirmasi Tribratanewspolreskolut.com mengungkapkan di Dusun I talutnya hancur digesek arus, di Dusun II berupa sekolah TK, masjid, polindes, kantor desa dan tujuh rumah masyarakat. Sementara itu di Dusun III terdapat tiga rumah dan lahan perkebunan berisi jagung, kakao dan padi petani. “Sungai ini lebarnya tujuh meter yang menyatu dari sungai Desa Mosiku dan Parunglampe. Kalau hujan deras selalu meluap karena volume air tidak bisa ditampung,” ujarnya.

Pihaknya telah berkordinasi dengan BPMD dan BPBD Kolut. Pihak bencana dikatakan sudah ada dilokasi. Meski begitu, pihaknya berharap kepada pemerintah daerah agar bisa mengeruk dan memperlebar sungai setempat karena sudah menjadi langganan genangan setiap tahunnya.

Di tempat yang terpisah Kapolsek Batruputih IPTU JAMIL, SH,MH menjelaskan bahwa bener Bertempat di desa.Tetebawo telah terjadi peningkatan debit air yang di akibatkan hujan semalaman dan mengakibatkan air masuk dan menggenangi diareal rumah penduduk dan menyebabkan longsor yg menutup sebagian badan jalan poros trans Sulawesi.dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa,adapun kerugian material sampai saat ini belum ada informasi sepihak dari warga masyarakat desa.Tetebawo.Kapolsek Batuputih bersama dengan Anggotanya langsung mengambil langka-langka mendatangi TKP banjir dan lomgsor,melakukan pendataan korban bencana, membantu masyarakat setempat untuk mengemas barang barang yang ada di rumah nya yang terkena benajir melakukan koordinasi dengan Kepala  Desa.Tetebawo,Pungkas Kapolsek

Related Posts