Polsek Ranteangin, Berhasil Ringkus Pencuri Cengkeh

Tribratanewspolreskolut.com – Empat orang warga Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang terdiri dari dua laki-laki yakni Zul Bahri (18) dan Mujur alias Ical serta dua perempuan yaitu Ayu dan Mama Ulfa ditangkap jajaran Polisi Sektor (Polsek) Rante Angin. Keempat tersangka dibekuk pada hari yang berbeda karena diduga melakukan tindak pindana pencurian dengan cara memanen buah cengkeh orang lain pada malam hari.

Kapolsek Ranteangin IPDA Agustian Rante Parabang,SH melalui Kasubag Humas Polres Kolut, Aipda Hari Hermawan menjelaskan, Zul Bahri warga Desa Rante Baru Kecamatan Rante Angin dan Mama Ulfa, Mujur dan Ayu warga Desa Wawo Kecamatan Wawo. Kejadian berlangsung pukul 02.30 wita selasa pekan ini dimana tiga orang dibekuk siang harinya di Wawo karena kabur saat kepergok. “Mujur DPO dan baru tertangkap kemarin (Kamis, red) pukul 23.00 wita di Desa Ladahai Kabupaten Kolaka yang dipimpin langsung Kapolsek Rante Angin Ipda Agustian Rante Parabang,” bebernya, Jum’at (20/9).

Dijelaskan, keempat pertama kali kepergok memetik cengkih di kebun Danial pukul 01.30 Wita oleh Akbar Karim yang sedang disawah. Dilihatnya sorotan cahaya senter mereka berkelap-kelip hingga hingga lekas menghubungi pemilik kebun. “Saat dipergok, Mujur Ayu dan Mama Ulfa kabur dan Zul Bahri ditangkap di TKP. Sedangkan Ayu dan Mama Ulfa saat kabur juga berhasil ditemukan. Kalau Mujur saat DPO terdeteksi di Kolaka langsung kami buru,” tuturnya.

Hasil kejahatan mereka disita buah cengkih sebanyak tiga karung dan para pelaku telah ditahan di Polsek Rante Angin untuk diproses lebih lanjut. Mereka diancam Pasal 363 Ayat 1 ke (3) dan ke (4) Subsider Pasal 362 jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP. “Penyelidikan sedang dilengkapi. Pencuri cengkih kerap beraksi di malam hari apalagi yang jauh dari pantauan pemukiman,” pungkasnya.

 

Related Posts