Tumbuhkan Kesadaran Pentingnta Keselamatan Berkendara, Sat Lantas Polres Kolut Lakukan Dikmas ke Sekolah

Tribratanewspolreskolut.com – Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka Utara terus memberikan pendidikan masyarakat (Dikmas) terkait lalu lintas (Lantas) ke para pelajar di sekolah-sekolah secara bertahap dan berkelanjutan. Seperti terlihat tadi pagi Rabu (09/10/2019), personil unit Dikyasa Sat Lantas Polres Kobar melakukan sosialisasi dikmas lantas di Sekolah SMKN 1 Lasusua.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka Utara, IPTU Muh Ansar Ali mengatakan, “Dikmas Lantas akan terus dilakukan ke sekolah-sekolah dan hal tersebut sudah terjadwal. Setiap sekolah yang ada di Kolaka Utara pasti akan didatangi dan diberikan Dikmas Lantas, agar para pelajar nantinya tau bagaiman tata cara berlalu lintas yang baik dan benar saat berkendara,” paparnya.

Bukan itu saja, para pelajar tersebut juga mendapat sosialisasi UU Lalu Lintas dan Angkuta jalan, sehingga mereka mengetahui aturan usia dan syarat apa seseorang itu boleh menggunakan kendaraan bermotor dan mendapatkan surat izin mengemudi (SIM).

“Saat ini sebagian pelajar baik SMP maupun SMA/SMK yang belum cukup usia sudah berani menggunakan kendaraan bermotor tanpa mengantongi SIM, dari Dikmas inilah kita memberikan pendidikan agar mereka mengerti nantinya,” terang pria murah senyum itu.

Setiap sekolah diyakini mau dan pasti memberikan waktunya sebentar untuk penyampaian Dikmas Lantas tersebut ke para pelajarnya, karena ini menyakut keselamatan anak didik dari sekolah yang didatangi itu. “Biasanya kita ambil waktu jam pagi sehingga pelajar yang mengikuti masih bersemangat dan setidaknya materi yang kita sampaikan bisa masuk dalam pikiran mereka dan diterapkan nantinya,” tutur Kasat.

Kasat Lantas menambahkan, “Dikmas ini terus dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir dan mengantisipasi adanya kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang sebagian besar dilakukan oleh anak usia pelajar.Semoga dengan terusnya dilakukan Dikmas Lantas ke sekolah-sekolah dengan tujuan penyampaian lalu lintas kepada para pelajar itu diharapkan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas dengan pelaku para pelajar tidak ada lagi.” tambahnya.

Related Posts